Review: Belviu Hotel Bandung

Catatan: Nama properti sudah berganti dari Regata menjadi Belviu. 

Saya menginap di hotel ini sebetulnya udah beberapa bulan yang lalu, tapi baru sempat tulis review-nya sekarang. Kalau dulu, saya biasa lewati hotel ini ketika mau main ke CiWalk atau Dago dari kampus. Properti ini masih bisa dibilang cukup baru di kota Bandung, dan merupakan salah satu hotel kelas luxury. Yang saya suka dari hotel ini adalah lokasinya, fasilitas, dan harga 🤓

regata-hotel-bandung
Fasad Belviu Hotel. Foto milik manajemen hotel

Belviu Hotel berlokasi di jalan Prof. Dr. Setiabudhi nomor 35. Properti ini dulu menyandang nama Hotel Regata. Lokasinya sangat dekat dari Setiabudhi Supermarket dan eks-McDonald’s Setiabudhi. Ketika nginap di sini, saya bisa jalan kaki ke supermarket buat beli camilan, dan balik lagi ke hotel. Akomodasi bintang empat ini tampil cantik dengan fasad megah dan pilar-pilar bergaya ionic setinggi dua lantai yang menopang balkon di atasnya.

Hotel ini dilengkapi dengan restoran, lounge, karaoke, rooftop bar dan party pit, ballroom, ruang rapat, dan kolam renang. Nah, fasilitas terakhir ini saya suka banget karena saya bisa berenang sambil menikmati panorama kota Bandung dari ketinggian 11 lantai. Foto-foto yang diunggah para tamu di area kolam renang juga kece-kece, seperti yang bisa dilihat di akun Instagram resmi hotel.

Ada enam tipe kamar yang ditawarkan Belviu Hotel. Yang paling kecil adalah Superior, dan paling besar adalah President Suite Room. Ketika nginap, saya pesan kamar tipe Superior. Meskipun tipenya paling kecil, ternyata ukuran kamarnya nggak sekecil yang dibayangkan. Ulasan lengkapnya di segmen berikutnya ya!

Desain Kamar

Seperti yang saya sebut sebelumnya, saya menempati kamar tipe Superior. Lokasinya ternyata mojok dan view dari jendela pun kurang bagus 😞 Untungnya, kekecewaan saya terbayar semua dengan desain kamar yang cantik dan in-room amenities yang cukup lengkap.

IMG_20180917_114049
Double bed. Ukurannya cukup luas. Berantakan karena sudah dipakai tidur
IMG_20180917_114244
Televisi yang cukup besar dan area kerja di dekat jendela

Bicara soal desain, atmosfer mewah nan elegan bisa saya rasakan ketika masuk ke kamar ini. Warna-warna earthy mendominasi interior kamar, dari furnitur hingga dinding. Wall paneling terpasang di belakang headboard tempat tidur dan televisi, dan jadi semacam focal point kamar ini. Untuk wall paneling di belakang tempat tidur, ada ukirannya jadi tampak lebih classy. Dinding kamar dibalut warna krem yang satu frekuensi dengan warna-warna lainnya.

Untuk furnitur lain seperti kursi kerja, end table, meja kerja, dan lampu meja, desainnya masuk ke modern classic sebetulnya, tapi saya dapat semacam vibe Hollywood Regency, terutama dari lemari kabinet di samping meja kerja yang isinya adalah kulkas. Sayangnya, si kulkas tampaknya nggak dinyalakan sejak awal jadi mendinginkan minuman pun tiada gunanya. Kalau dilihat lagi, kamar ini mengingatkan saya sama rumah-rumah orang kaya yang sering ditampilkan di sinetron di tahun 2000-an awal. Mewah, tapi nggak sampai bling bling yang menyilaukan mata.

IMG_20180917_112007_HHT
Lemari pakaian yang tertutup dan pintu menuju kamar mandi
IMG_20180917_111949
Area kerja. Cukup panas ternyata kalau sore-sore.

Untuk in-room amenities, kamar saya “dipersenjatai” dengan televisi layar datar (lengkap dengan kanal satelit), meja belajar, kulkas (sayangnya mati 😞), AC, dan WiFi. Internetnya bisa dibilang cukup cepat dan reliable untuk dipakai kerja. Oh ya, saya juga sempat pinjam setrika dan ironing board dari housekeeping, dan fasilitas ini bisa digunakan secara gratis. Saya juga suka dengan lemari yang tertutup karena kesannya kamar jadi rapi tanpa kelihatan gantungan-gantungan pakaian.

Kamar Mandi

Belviu Hotel memang menawarkan pengalaman menginap berkelas. Kamar mandi saya tampak mewah dengan balutan marmer dan pencahayaan yang cantik. Ukurannya memanjang dan cukup luas. Hanya saja ketika lantai basah, harus ekstra hati-hati karena lumayan licin.

IMG_20180917_112028
Area shower di belakang. Kamar mandi dilengkapi vanity mirror dan hair dryer
IMG_20180917_112040
Kloset di kamar mandi. Di dalam boks ada bathroom amenities seperti sikat gigi

Kabinet dengan marble countertop bikin kamar mandi tampak semakin mewah. Ditambah lagi kehadiran vanity mirror, buat pengunjung yang mau dandan kayaknya semakin dimanjakan. Perlengkapan mandi dasar seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, dan sampo sudah tersedia.

Di area shower sebetulnya ada dinding kaca yang menghadap ke kamar. Nah, untuk jaga privasi ada tirai yang bisa ditarik sampai bawah jadi jangan khawatir ketika nginap bareng teman, kita bisa tetap mandi dengan santai tanpa takut diintip. Sebetulnya kebutuhan dasar di kamar mandi sudah terpenuhi semua. Hanya saja, ada satu hal yang menurut saya kalau ada bakalan melengkapi kunjungan saya: rainshower!

Fasilitas Umum

Di awal tulisan, saya udah menyebutkan fasilitas-fasilitas yang tersedia di Belviu Hotel, tapi yang saya nikmati hanya tiga: lounge, restoran, dan kolam renang. Sebetulnya, saya juga sempat ke rooftop bar yang ada di dekat kolam renang, tapi berhubung cuaca sangat dingin pas malam hari, saya pindah ke lounge yang suasananya jauh lebih tenang, tapi sangat elegan.

regata-restaurant
Restoran hotel. Foto milik manajemen hotel
IMG_20180916_225605
Tequila Sunrise di lounge hotel

Lounge hotel berada di lantai dasar Belviu Hotel, nggak jauh dari lobi. Tempat ini cocok buat ngobrol-ngobrol bareng teman-teman sambil ngemil atau main darts, dan suasananya lebih tenang. Kalau ingin vibe yang lebih “hidup”, bisa ke rooftop bar atau party pit di lantai 11.  Menu minumannya nggak beda sebetulnya dan kalau malam-malam, minuman justru dibuat di rooftop bar. Jadi ketika saya pesan di lounge, bartender di lantai 11 buat minuman dan bawakan pesanan saya ke lounge. Aduh jadi ngerepotin 😶

tenor3
Maapin Sehun 😣

Untuk sarapan, menunya sih sebetulnya standar buffet hotel. Restorannya memanjang ke arah belakang, tapi nggak lantas terkesan sempit. Ada juga seating area semi-outdoor yang biasanya ditempati oleh para tamu yang ingin sambil ngerokok. Dari segi rasa, makanan dan minumannya decent. I had no complaint about it.

Nah, sekarang masuk ke fasilitas yang paling saya suka dari Belviu Hotel: kolam renang!

IMG_20180916_165229
Kolam renang hotel. View-nya bagus banget!

Panorama kota Bandung yang saya lihat dari area kolam renang ini cantik banget. Memang nggak menghadap ke arah pusat kota, tapi menara-menara apartemen dan hotel yang ada di kawasan Ciumbuleuit dan Dago Bawah tetap jadi pemandangan yang cantik buat dilihat, terutama di sore atau malam hari.

Sayangnya waktu saya berenang, airnya dingin. Nggak dingin banget memang, tapi ya segitu sih terbilang dingin, terutama di pagi hari. Untungnya sih cuaca cerah jadi saya nggak sampai menggigil. Handuk bisa diminta ke bartender atau pegawai yang bertugas di sekitar area kolam renang. Kalau mau makan, bisa pesan ke bar atau party pit. Di kolam renang juga ada ban besar yang bisa dipakai buat bersantai atau berfoto. Saya nggak sempat naik ke ban besar itu karena dipakai terus sama anak kecil.

Dan ada satu kekurangan lagi tentang kolam renang ketika saya ke sana. Airnya agak keruh, jadi ketika saya coba foto-foto di dalam air, hasil fotonya kurang jernih. Semoga kalau kapan-kapan ke sana lagi, airnya sudah lebih jernih lagi.

tenor1

 

Lokasi

Urusan lokasi, Belviu Hotel bisa jadi pilihan yang tepat kalau ingin cari akomodasi di kawasan Setiabudhi. Kalau perlu belanja, kita bisa ke Setiabudhi Supermarket yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama lima menit aja. Mau ke mal? Ada Cihampelas Walk atau Paris van Java yang berjarak sekitar 15 menit. Mau belanja pakaian? Tepat di sebelah bangunan hotel ada Rumah Mode yang selalu ramai dikunjungi tamu luar kota di akhir pekan.

Untuk bersantap, di sekitar hotel banyak restoran, kafe, bahkan pub yang bisa dikunjungi. Jalan sedikit ke seberang, ada The Kiosk. Sekitar 5 menit berkendara dari hotel, ada Yoshinoya, Seorae, dan Common Grounds. Giggle Box dan Saka Bistro juga nggak jauh dari hotel.

Kesimpulan

Mengusung status sebagai hotel bintang empat, Belviu Hotel menawarkan pengalaman menginap mewah yang mengesankan buat saya dengan biaya yang relatif terjangkau. Dengan rate mulai dari 600 ribuan (saya dapat rate sekitar segitu waktu itu dari Agoda), kita bisa dapat kamar yang cukup luas dengan interior modern classic yang bergaya dan fasilitas berkualitas.

Lokasi yang strategis jadi salah satu kelebihan hotel ini. Ke mana-mana bisa dibilang dekat, terutama ke kawasan belanja Cihampelas dan Dago. Selain itu, rooftop swimming pool dengan panorama kota Bandung dari ketinggian 11 lantai juga jadi daya tarik tersendiri. Meskipun ada beberapa hal yang tak terduga (seperti kulkas yang nggak nyala dan air kolam renang yang ternyata dingin), saya rasa desain kamar dan kualitas layanan yang ditawarkan masih bisa menutupi kekurangan tersebut. Terlebih lagi dengan rate yang nggak begitu mahal, Belviu Hotel bisa masuk daftar luxury affordable untuk hotel-hotel di Bandung.

Pros & Cons

👍🏻 Pros

  • Dengan desain modern classic dan sedikit sentuhan Hollywood Regency, rate-nya masuk akal dan justru bisa dibilang terjangkau.
  • Kamar mandi mewah dengan bathroom amenities yang cukup komprehensif.
  • Ada rooftop swimming pool dan party pit yang menawarkan view kota Bandung dari ketinggian 11 lantai.
  • Lokasinya cocok buat para wisatawan; butik Rumah Mode ada tepat di sebelah hotel, Setiabudhi Supermarket bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 3 menit. Cihampelas Walk kira-kira sekitar 10 menit dari hotel kalau pakai mobil.

👎🏻 Cons

  • Lantai kamar mandinya licin banget pas basah, bahkan di luar shower area.
  • Area parkir hotel kurang besar kalau dibandingkan dengan jumlah kamar yang ada.
  • Air kolam renang pada saat kunjungan keruh.
  • Kulkas di kamar nggak nyala.
Penilaian

Kenyamanan: 😌😌😌😌😶
Desain: 😆😆😆😆😶
Lokasi: 🤩🤩🤩🤩⚪️
Harga: 💰💰💰

Leave a comment